Life, Thought, work

Human Project


Judulnya: Project Menjadi Orang yang Disukai Atasan



Pernah ga punya perasaan takut/segan/risih ketika ketemu seseorang?
Ketika rasa takut mengubah kamu, yang cenderung talk first, think later menjadi berbelok 180 derajat.
Lebih baik ga ngomong, daripada dikritik.
Ketika rasa guilty lebih sering muncul sesaat setelah berhadapan dengan orang tersebut, entah karena kamu merasa kurang bisa menata gaya bicara, atau karena kamu merasa tidak “sepadan”
Kurang belajar, kurang kompeten, kurang bisa mengimbangi gaya berpikir orang tersebut.
Ketika delta jabatan memperparah keadaan, dan orang itu menjadi atasan kita, kita diberi 2 pilihan tindakan:


Melawan, atau Beradaptasi.


Melihat nyali saya yang sekecil kutu, saya sedang ditahap mencoba beradaptasi dengan sang Atasan.
Mencoba menghentikan pikiran “Kenapa Atasan Saya Seperti Ini”, dan mengubah menjadi “Kenapa Atasan Saya Suka Ini”.
Tantangan super berat, mengingat Beliau totally kebalikan saya.
1. Sport addicted;
2. Anti last minute, dan
3. Semua report analysis-nya akurat.



Hasil “mini project” seminggu kebelakang ini?
Yang pertama : Badan Rontok. Memang bukan potongan olahragawan.
Yang kedua : Deg-degan jauh sebelum waktunya. Periode waktu deg – deg an saya sekarang makin panjang, yang tadinya hanya H-48 jam, sekarang jadi H-1 minggu.
Yang ketiga : Waktu tidur berantakan. Beliau mungkin hanya butuh 10 menit untuk menganalisis 1 laporan, tapi saya butuh 3 jam untuk mengejar Beliau.



Mungkin karena baru 10 hari benar-benar mencoba “menyukai” sang Atasan, project ini jadi kerasa berat.
Tapi kata orang, adaptasi itu butuh waktu.
Mungkin selama ini Beliau bukan ga suka sama saya, tapi saya yang resistant dalam mencoba menyukai Beliau.
Mungkin selama ini Beliau bukan mau mengintimidasi saya, tapi Beliau mau mengembangkan gaya pikir saya yang masih “kosong”, jadi lebih berisi dan bisa keep up sama orang-orang seluar biasa Beliau.
Mungkin dengan atasan super challenging seperti Beliau, saya bisa jadi tough girl yang ga sedikit – sedikit ngeluh!



If she can run like supersonic, I shall learn to (at least) run like the flash!
#nyemangatindirisendiri

Standard

Leave a Reply

